Home Blogging Contoh Blog WordPress, Website Menggunakan CMS WP

Contoh Blog WordPress, Website Menggunakan CMS WP

Blog WordPress adalah website yang dibuat menggunakan CMS WordPrees. WP sangat populer sebagai software pembuat website. Berikut ini cara membuat blog WP dan contohnya.

19

Kelebihan Ngeblog di WordPress vs Blogger

BLOG yang sedang Anda kunjungi ini adalah Contoh Blog WordPress. Maksudnya, blog atau website yang dibuat menggunakan Content Management System (CMS) WordPress.

WordPress adalah platform blogging. Untuk membuat situs web atau blog gratis, websitenya adalah wordpress.com. Alamat blog gratis Anda nanti menggunakan nama domain wordpress.com di belakangnya. Contoh: namaanda.wordpress.com

Yang dimaksud Blog WordPress dalam postingan ini adalah blog yang dibuat dengan menggunakan CMS WordPress. Kita harus menggunakan nama doman dan hosting sendiri (premium, berbayar) untuk membuatnya.

Menurut Wikipedia, WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).

WordPress –biasa disingkat WP– dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL.  PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software) juga.

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

WordPress saat ini digunakan oleh beberapa situs web ternama, seperti CNN, Reuters, The New York Times, Huffpost (Huffington Post), dan TechCrunch.

WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

WordPress.com dan WordPress.org

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

1. WordPress.com

WordPress.com merupakan situs untuk membuat blog gratis. WP.com juga menyediakan versi premium dan bisa Custom Domain (menggunakan nama domain sendiri).

Mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.

Baca Juga:  Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini?

Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

2. WordPress.org

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress.

CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya.

WordPress.com Vs WordPress.org

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:

  1. WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  2. WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

Nah, contohblog.id ini adalah yang kedua, yaitu blog wordpress yang menggunakan CMS WordPress.org. Di postingan berikutnya akan dibahas cara membuat website menggunakan CMS WordPress.

Contoh Blog WP Populer

Mengutip laman Niagahoster, sejumlah website besar juga menggunakan CMS WP. Mereka antara lain  Time, TechCrunch, Sony Music, BBC America, Walt Disney, PlayStation Blog, LinkedIn Blog, dan Website Resmi James Bond.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here