Home Hosting Web Hosting Terbaik di Indonesia

Web Hosting Terbaik di Indonesia

Pilih Web Hosting Terbaik di Indonesia untuk Membuat Website Anda.

22

Web Hosting Terbaik di Indonesia

Berikut ini Web Hosting Terbaik di Indonesia untuk pertimbangan Anda memilih webhost terpercaya dan aman bagi website Anda.

Web Hosting atau webhost adalah tempat penyimpanan data dan file website, baik file untuk membangun website maupun kontennya, sehingga bisa diakses pengguna internet di seluruh dunia.

Untuk membuat blog atau website CMS WordPress, dengan nama domain dan hosting sendiri, kita harus membelinya di provider domain hosting.

Semua provider hosting mengklaim yang terbaik. Wajar, namanya jula promosi, he he..!

Ada web hosting terbaik di Indonesia dengan daya tarik “unlimited” dan diskon hingga 75%. Diskonnya benar, namun “unlimited” perlu tanda kutip.

Pasalnya, tidak ada yang benar-benar unlimited, bahkan server sendiri pun tetap ada batasnya. Jadi, gak ada yang “tak terbatas” dalam pengertian mutlak. Tetap ada batasan.

Pengertian Unlimited Hosting

Paket unlimited hosting adalah pilihan terbaik saat akan membuat website. Namun, seperti disebutkan di atas, sebenarnya tidak unlimited mutlak. Tetap ada batasan.

Unlimited hosting adalah layanan hosting yang menyediakan resource atau sumber daya website tanpa menetapkan batasan khusus, selain “batas pemakaian wajar” sesuai dengan syarat dan ketentuan layanan.

Pengertian Unlimited hosting adalah disk space dan bandwidth (data transfer) tanpa batasan.

Namun, pihak webhosting terbaik di Indonesia sekalipun, tetap  menggunakan kebijakan “penggunaan yang adil” (fair usage policy) yang berlaku untuk semua akun.

Jika Anda menggunakan sumber daya berupa CPU, RAM, dan Disk Space dari suatu server secara berlebihan, yang menyebabkan gangguan penggunaan kepada akun hosting lain pada server yang sama, maka sumber daya akan dibatasi, bahkan dinonaktifkan.

Pihak provider hosting mengacu pada space untuk keperluan pembuatan website.

Disk space pada akun hosting tidak dapat digunakan untuk penyimpanan data di luar keperluan website.

Baca Juga:  Cara Membuat Blog WordPress dan Contohnya

Unlimited hosting juga sebenarnya tetap membatasi inodes. Apa itu inodes? Baca deh: Cara Mengatasi Inodes Melebihi Batas.

web hosting terbaik

Jenis-Jenis Web Hosting

Masing-masing penyedia layanan web host menawarkan jenis hosting yang berbeda-beda, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari klien.

Berikut contoh-contoh hosting yang sering digunakan:

  1. Shared Hosting
  2. VPS (Virtual Private Server) Hosting
  3. Cloud Hosting
  4. WordPress Hosting
  5. Dedicated Server Hosting
  6. Shared Hosting

Berikut ini penjelasan singkatnya.

1. Shared hosting

Shared hosting  adalah jenis hosting tradisional yang membagi satu server untuk beberapa pengguna sekaligus, tergantung kekuatan server.

Kelebihan layanan hosting yang satu ini adalah harga yang sangat terjangkau karena membayar sewa server dibagi rata ke semua pengguna.

Namun, jika website kita atau website pengguna lain di server yang sama sedang mendapat traffic tinggi, website lainnya akan mengalami “kemacetan” atau loading page yang sangat lambat.

Selain itu, jika sebuah server mengalami kerusakan, penyedia hosting memerlukan waktu yang belum dapat ditentukan hingga server bisa berfungsi kembali, karena server harus diperbaiki secara manual dan website yang tersambung dengan server tersebut akan mengalami downtime hingga server selesai diperbaiki.

2. Cloud Hosting

Setingkat lebih tinggi dari shared hosting, cloud hosting adalah webhost tempat para pengguna tidak hanya mengandalkan satu server, karena ada beberapa server yang saling tersambung.

Ketika salah satu server mengalami kerusakan, server lainnya akan segera mengambil alih hosting tersebut dan durasi downtime yang dihabiskan sebuah website pun akan dipangkas banyak.

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server, melainkan menggunakan banyak server yang tersebar di berbagai titik dan berbagai negara.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Inodes Hosting Website WordPress

Hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

Inilah salah satu kelebihan dari cloud hosting yang membuat harganya sedikit lebih tinggi dibanding shared hosting. Cloud hosting akan cocok pada website yang mempunyai traffic sedang hingga lumayan tinggi.

3. Virtual Private Server (VPS) Hosting

VPS hosting adalah singkatan untuk Virtual Private Server hosting. Virtual Private Server hosting menawarkan mesin virtual untuk klien.

Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya.

Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.

VPS atau Virtual Private Server hosting berada di tengah antara cloud hosting dan dedicated server. Pengguna bisa menggunakan server yang memiliki fungsi mirip dengan dedicated server namun dengan harga semurah cloud atau shared hosting.

Kelebihan lain VPS yaitu setiap pengguna mempunyai akses root ke ruang virtual sendiri sehingga akan lebih aman jika berniat menggunakan hosting yang satu ini.

4. Dedicated Server

Dedicated server menawarkan kontrol maksimal atas server hosting yang digunakan oleh website.

Kita menguasai seluruh channel hosting yang disediakan oleh server tersebut. Dedicated server akan cocok jika website yang kita kelola mempunyai traffic yang sangat tinggi.

Jika ingin menggunakan dedicated server harus menyiapkan budget yang jauh lebih tinggi daripada ketiga jenis hosting lainnya.

Selain harga yang kurang cocok untuk digunakan oleh individu, dedicated server juga memerlukan ruangan khusus yang dilengkapi oleh pendingin selama 24 jam untuk menjaga temperatur mesin server tetap stabil.

5. WordPress Hosting

WordPress hosting merupakan bentuk lain dari shared hosting dan dibuat untuk pengguna website WordPress.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Inodes Hosting Website WordPress

Server dikonfigurasi secara khusus untuk WordPress dan situs dilengkapi dengan pre-installed plugin penting.

Seringkali paket WordPress hosting menyertakan fitur tambahan terkait WordPress, tema WordPress yang pre-designed, drag-and-drop page builder, dan tool developer yang spesifik.

6. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal.

Dedicated hosting yang ideal untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat besar. Banyak penyedia layanan WordPress hosting menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

Web Hosting Terbaik di Indonesia

Mana Web Hosting Terbaik di Indonesia? Kalau yang dimaksud adalah paket hosting terbaik bagi Anda, maka sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke pihak provider, sebelum memilih paket hosting.

Anda jelaskan mau membuat website apa dengan konten apa. Nanti, pihak provider akan memberikan rekomendasi paket hosting yang tepat buat Anda, mulai dari paket termurah hingga termahal.

Jika yang dimaksud web hosting terbaik di Indonesia adalah provider hosting terpopuler atau terbanyak pelanggannya, berikut ini CB kutipkan dua daftar web hosting terbaik di Indonesia.

Web hosting terbaik di Inonesia versi WHTop.

  1. Niagahoster
  2. Qwords
  3. ID CloudHost
  4. Dewaweb
  5. Rumahweb
  6. HostingerID
  7. DomaiNesia
  8. ID Webhost
  9. Jagoan Hosting
  10. JetOrbit.

Web hosting terbaik di Inonesia versi Review Plan.

  1. Niagahoster
  2. Rumahweb
  3. ID Webhost
  4. Hostinger ID
  5. Qwords
  6. Dewaweb
  7. Beon
  8. Jogjahost
  9. Jagoan Hosting
  10. Indowebsite

Kesimpulan

Dua daftar web hosting terbaik di Indonesia di atas, akan membuat Anda jauh lebih mudah untuk menentukan pilihan hosting web Anda.

Sebagai saran, selalu pertimbangkan kualitas layanan sebagai tolok ukur utama.

Situs web Anda harus online sepanjang waktu tanpa sering mengalami gangguan. Anda akan membutuhkan host yang sangat efisien untuk mempublikasikan situs Anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here